APL 02 Skema Otomasi Tata Kelola Perkantoran

APL 02 Skema Otomasi Tata Kelola Perkantoran

APL 02 OTKP 2024

Unit Kompetensi N.821100.001.02

Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat


Dapatkah saya Memproses pencatatan surat/dokumen termasuk surat elektronik yang masuk dan keluar • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Surat/dokumen yang diterima diidentifikasi sesuai prosedur organisasi. 1.2 Surat/dokumen disortir sesuai dengan tujuannya. 1.3 Berita dalam surat/dokumen termasuk surat elektronik diperiksa keakuratannya. 1.4 Lampiran surat /dokumen termasuk surat elektronik diidentifikasi sesuai prosedur organisasi. 1.5 Surat/dokumen dicatat sesuai dengan sistem yang ada pada organisasi.
Dapatkah saya Mendistribusikan surat /dokumen • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Daftar distribusi disiapkan sesuai prosedur organisasi. 2.2. Pendistribusian surat/dokumen dilakukan dengan batas waktu. 2.3. Salinan surat/dokumen dibuat sesuai prosedur organisasi. 2.4. Pilihan cara pengiriman ditetapkan dengan benar dan yang terbaik sesuai kebutuhan. 2.5. Tanda terima surat/dokumen didokumentasikan sesuai prosedur organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.004.02

Memproduksi Dokumen


Dapatkah saya 1. Menyiapkan dokumen 1.1. Teknologi dan perangkat lunak dipilih untuk menghasilkan dokumen yang dibutuhkan. 1.2. Persyaratan Organisasi diidentifikasi untuk menciptakan informasi sesuai rencana.
Dapatkah saya 2. Mendesain dokumen 2.1. Pointers untuk isi dokumen dibuat sesuai kebutuhan. 2.2. Format ditentukan sesuai dengan ketentuan organisasi. 2.3. Peralatan untuk menciptakan dokumen ditentukan sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya 3. Memproduksi dokumen 3.1. Waktu untuk memproduksi dokumen ditentukan sesuai dengan persyaratan organisasi. 3.2. Dokumen dibuat sesuai format. 3.3. Dokumen yang dihasilkan diperiksa redaksionalnya sesuai persyaratan organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.028.02

Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi


Dapatkah saya 2. Menangani informasi 2.1. Keterampilan mendengarkan secara aktif digunakan untuk mendapatkan informasi baik verbal maupun non verbal. 2.2. Dokumentasi rutin yang bersifat informasi sederhana di tempat kerja dilengkapi secara akurat dan mudah dipahami. 2.3. Informasi dan ide dikomunikasikan menggunakan teknik komunikasi.
Dapatkah saya 3. Membuat konsep komunikasi tertulis sebagai informasi 3.1. Prosedur dan format penulisan konsep yang relevan diidentifikasi. 3.2. Konsep tulisan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan batas waktu. 3.3. Bahasa verbal dan non verbal digunakan dengan tata bahasa sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya 4. Menggunakan media komunikasi 4.1. Media komunikasi yang akan dipilih diidentifikasi sesuai kebutuhan. 4.2. Penggunaan media ditentukan sesuai dengan panduan pemakaian danSOP

Unit Kompetensi N.821100.029.02

Melakukan Komunikasi melalui Telepon


Dapatkah saya 1. Menjawab telepon 1.1. Panggilan telepon dijawab sesuai dengan SOP. 1.2. Bantuan ditawarkan kepada penelepon sesuai SOP. 1.3. Inti pembicaraan diulangi untuk menghindari salah pengertian. 1.4. Pertanyaan penelpon dijawab atau meneruskannya kepada orang yang tepat.
Dapatkah saya 2. Melakukan panggilan telepon 2.1. Nomor telepon didapatkan dari sumber yang benar. 2.2. Sebelum menelpon tujuan dipastikan dengan tepat. 2.3. Nama organisasi dan alasan menelepon disampaikan sesuai SOP. 2.4. Etika bertelepon sesuai SOP diterapkan saat berbicara melalui telepon.
Dapatkah saya 3. Menangani pesan 3.1. Pesan yang diterima dicatat secara akurat untuk disampaikan kepada departemen/orang yang dimaksud. 3.2. Pesan disampaikan segera kepada orang yang berhak menerimanya. 3.3. Panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan di laporkan dengan cepat kepada yang berwenang sesuai dengan SOP.

Unit Kompetensi N.821100.030.02

Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/Pelanggan


Dapatkah saya 1. Menyiapkan komunikasi 1.1. Karakteristik komunikan diidentifikasi. 1.2. Metode komunikasi ditentukan.
Dapatkah saya 2. Melakukan kontak dengan komunikan 2.1. Lingkungan pelayanan yang efektif diciptakan. 2.2. Permintaan informasi komunikan diterima. 2.3. Kebutuhan komunikan dieksplorasi.
Dapatkah saya 3. Memproses informasi 3.1. Pesanatau informasi yang diterima dicatat untuk diolah. 3.2. Jawaban diberikan sesuaikebutuhan. Tindakan lebih lanjut dilakukan. 3.3. Pelaksanaan komunikasi dievaluasi.

Unit Kompetensi N.821100.032.02

Melakukan Komunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar


Dapatkah saya 1. Elemen : melakukan komunikasi sehari-hari ditempat kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Komunikasi timbal balik dengan komunikan dilakukan. 1.2. Informasi faktual dan terkini diberikan sesuai SOP organisasi dan kebutuhan pelanggan. 1.3. Permintaan atau pertanyaan-pertanyaan yang bersifat sederhana dijawab. 1.4. Bantuan diberikan dalam lingkup tanggung jawabnya. 1.5. Saran/usul diberikan untuk hal-hal tertentu sesuai dengan SOP. 1.6. Kebutuhan bantuan yang diperlukan dari orang lain diidentifikasi. 1.7. Penjelasan yang mudah dilakukan dengan perlahan-lahan dan berurutan. 1.8. Informasi tambahan diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan kolega.
Dapatkah saya Menggunakan Kalimat SOP Organisasi • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Kalimat resmi dan tidak resmi diidentifikasi untuk digunakan. 2.2. Sapaan diberikan dengan santun sesuai etika berkomunikasi. 2.3. Salam perpisahan diberikan sesuai SOP organisasi. 2.4. Permintaan maaf diajukan sesuai SOP organisasi.
Dapatkah saya Melakukan komunikasi melalui telepon • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Salam diberikan termasuk menyebutkan nama organisasi sesuai SOP organisasi. 3.2. Bantuan ditawarkan kepada penelepon. 3.3. Penelepon diminta untuk menunggu ketika sedang mencari orang yang dikehendaki penelpon.. 3.4. Permintaan maaf disampaikan kepada penelepon ketika orang yang dikehendaki tidak berada di tempat ataupun tidak mampu memenuhi permintaan penelepon. 3.5. Data dan pesan penelepon dicatat secara lengkap.

Unit Kompetensi N.821100.033.02

Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar


Dapatkah saya mengenali tanda-tanda umum yang biasa digunakan pada industri • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Tanda-tanda baca bahasa Inggris ditafsirkan maknanya. 1.2. Tanda-tanda umum yang biasa digunakan diketahui pengertiannya.
Dapatkah saya Membaca dokumen sederhana • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Maksud dan isi dokumen diidentifikasi. 2.2. Maksud dari dokumen ditanggapi bila perlu. 2.3. Bantuan dicari bila perlu.
Dapatkah saya Membaca teks instruksional • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Tujuan dan inti teks diidentifikasi. 3.2. Tanggapan diberikan terhadap maksud dari teks yang dibutuhkan. 3.3. Bantuan dicari bila perlu.

Unit Kompetensi N.821100.053.02

Memproduksi Dokumen di Komputer


Dapatkah saya Mempersiapkan peralatan 1.1. Peralatan komputer disiapkan sesuai dengan SOP. 1.2. Piranti lunak dipilih melalui menu sesuai dengan kebutuhan. 1.3. Media penyimpanan disiapkan sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Membuat dokumen dari konsep atau teks langsung 2.1. Keyboard/mouse dioperasikan sesuai SOP. 2.2. Konsep dokumen diedit sesuai dengan format standar tempat kerja. 2.3. Dokumen pendukung dibuat bila diperlukan.
Dapatkah saya Memproses informasi 3.1. Memastikan nama file/folder penyimpanan dokumen yang dibuat, disimpan sesuai SOP. 3.2. Salinan file/dokumen dibuat bila diperlukan
Dapatkah saya Mencetak Dokumen 4.1. File/dokumen/naskah yang akan dicetak diidentifikasi sesuai SOP. 4.2. Fitur-fitur pencetakan diidentifikasi sesuai kebutuhan. 4.3. File/dokumen/naskah dicetak dengan menggunakan parameter dan urutan pencetakan sesuai prosedur pencetakan.

Unit Kompetensi N.821100.054.01

Menggunakan  Peraiatan  Komunikasi


Dapatkah saya Mengidentifikasi jenis peralatan komunikasi 1.1. Jenis komunikasi yang akan dilakukan dipastikan. 1.2. Peralatan komunikasi diidentifikasi, sesuai dengan jenis komunikasi yang akan dilakukan. 1.3. Peralatan komunikasi yang tepat dipilih sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Menggunakan peralatan komunikasi 2.1. Peralatan komunikasi digunakan sesuai SOP. 2.2. Peralatan yang tidak berfungsi dilaporkan kepada pihak terkait. 2.3. Tindakan alternatif segera dilakukan bila alat komunikasi tidak berfungsi. 2.4. Peralatan komunikasi digunakan sesuai dengan panduan penggunaan..

Unit Kompetensi N.821100.057.02

Mengoperasikan Aplikasi Perangkat/Piranti Lunak


Dapatkah saya Mengakses aplikasi piranti lunak • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Pilihan aplikasi yang dibutuhkan di identifikasi. 1.2 Metode pencarian secara tepat, dipilih untuk penggunaan tipe informasi.
Dapatkah saya Mengunduh Data Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Aplikasi piranti lunak dipilih sesuai kebutuhan. 2.2. Peranan yang berbeda dan bagian-bagian dari aplikasi di identifikasi untuk fungsi tertentu. 2.3. Aplikasi dioperasikan sesuai dengan prosedur.

Unit Kompetensi N.821100.059.02

Menggunakan Peralatan dan Sumber Daya Kerja


Dapatkah saya Memilih peralatan dan sumber daya kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Akses peralatan dan sumber daya kerja diidentifikasi untuk menyelesaikan tugas. 1.2 Perkiraan jumlah dan sumber daya untuk menyelesaikan tugas dilengkapi. 1.3 Peralatan diperiksa untuk pemeliharaan sesuai dengan SOP.
Dapatkah saya Mengoperasikan peralatan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Peralatan dioperasikan sesuai instruksi pada buku petunjuk. 2.2. Kerusakan peralatan diidentifikasi secara akurat untuk memastikan perbaikan yang harus diambil sesuai spesifikasi produk. 2.3. Perbaikan peralatan yang dilakukan diluar organisasi dilaporkan kepada orang yang tepat sesuai tanggung jawabnya.
Dapatkah saya Memelihara peralatan atau sumber daya kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Peralatan dan sumber daya untuk mendukung pelaksanaan tugas dipelihara sesuai dengan petunjuk. 3.2. Pemeliharaan peralatan dilakukan untuk memastikan bahwa standar pabrik telah terpenuhi. 3.3. Pemeliharaan terhadap peralatan dan sumberdaya dicatat sesuai petunjuk. 3.4. Peralatan dan sumber daya disimpan sesuai SOP.

Unit Kompetensi N.821100.067.01

Meiakukan Transaksi Perbankan Sederhana


Dapatkah saya Mengenali produk perbankan 1.1. Semua jenis produk perbankan dikenali tujuan dan fungsinya. 1.2. Produk perbankan dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 1.3. Produk perbankan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan
Dapatkah saya Melakukan transaksi perbankan 2.1. Transaksi yang akan dilakukan, ditulis dengan jelas pada formulir sesuai kebutuhan. 2.2. Pengisian formulir diperiksa ulang ketepatan penulisannya. 2.3. Salinan dibuat apabila dibutuhkan.
Dapatkah saya Mencatat dan menyimpan buktibukti transaksi perbankan yang sudah dilakukan 3.1. Transaksi yang sudah dilakukan dicatat dalam pembukuan sesuai denganSOP. 3.2. Bukti-bukti transaksi digandakan untuk disimpan dengan aman

Unit Kompetensi N.821100.073.02

Mengelola Arsip


Dapatkah saya Melakukan penyimpanan dokumen/surat • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Dokumen yang akan diarsip dipastikan sudah selesai diproses dan siap untuk disimpan. 1.2 Sistem kearsipan diidentifikasi sesuai kebutuhan. 1.3 Dokumen diindeks dan ditempatkan sesuai sistem kearsipan yang berlaku dimasing-masing organisasi untuk memudahkan pencarian.
Dapatkah saya Menjaga sistem kearsipan manual maupun elektronik • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Dokumen disimpan di tempat penyimpanan arsip manual maupun elektronik sesuai sistem yang telah ditentukan. 2.2. Pemindahan dokumen dimonitor agar mudah dalam pencarian kembali. 2.3. Pemantauan pemeliharaan berkala dilakukan terhadap perlengkapan dan peralatan sesuai dengan buku panduan. 2.4. Permohonan perbaikan terhadap perlengkapan/ peralatan yang tidak berfungsi segera dilakukan.
Dapatkah saya Melakukan pengendalian dokumen • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Seluruh dokumen yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang, diidentifikasi sebelum diterbitkan. 3.2. Perubahan dokumen dicantumkan revisi. 3.3. Dokumen dikendalikan antara dokumen yang dipakai sebagai acuan kerja dengan stempel terkendali atau hanya bahan bacaan dengan stempel tidak terkendali 3.4. Unit kerja yang menerima distribusi dokumen ditentukan. 3.5. Tanda terima dokumen terkendali dibuatkan dalam bentuk log penerimaan dan dikaji secara berkala sesuai ketentuan dan disetujui oleh personil yang berwenang. 3.6. Dokumen yang telah melewati masa simpan ditarik/diambil atau dimusnahkan sesuai ketentuan yang berlaku. 3.7. Rekaman dokumen diberi identitas. 3.8. Masa simpan atau masa berlaku dari setiap rekaman ditentukan sesuai SOP Organisasi. 3.9. Setiap rekaman diperiksa kondisi keutuhannya secara berkala sesuai SOP Organisasi. 3.10. Pemantauan pengembalian dokumen yang dipinjam dilaksanakan sesuai SOP Organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.075.02

Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran


Dapatkah saya Menjaga keamanan peralatan dan tempat kerja 1.1. Peralatan dan tempat kerja diidentifikasi. 1.2. Seluruh peralatan operasional, diperiksa keamanan dan masa kadaluarsanya sebelum digunakan. 1.3. Peralatan kerja yang berhubungan dengan listrik dipastikan keamanannya sesuai SOP. 1.4. Peralatan dipergunakan sesuai petunjuk pemakaian. 1.5. Pemeliharaan rutin dilakukan sesuai dengan buku petunjuk penggunaan peralatan. 1.6. Peralatan disimpan ditempat yang sesuai dengan peraturan penyimpanan dengan kondisi siap pakai. 1.7. Kerusakan dilaporkan berdasarkan ketentuan perusahaan. 1.8. Perlengkapan keselamatan kerja yang sesuai dikenakan untuk menghindari kecelakaan kerja
Dapatkah saya Menjaga kebersihan peralatan dan tempat kerja 2.1. Seluruh peralatan operasional, diperiksa kebersihannya sebelum digunakan. 2.2. Peralatan dibersihkan setelah dipakai sesuai dengan buku petunjuk penggunaan peralatan 2.3. Bahan-bahan untuk membersihkan disiapkan sesuai dengan petunjuk, persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja. 2.4. Bahan-bahan kimia disimpan sesuai dengan persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja. 2.5. Sampah dan kelebihan bahan kimia dibuang sesuai higienitas, keamanan serta peraturan mengenai lingkungan
Dapatkah saya Mengatasi situasi-situasi darurat 3.1. Potensi keadaan darurat diidentifikasi. 3.2. Keadaan darurat ditangani sesuai keterampilan yang dimiliki dan kewenangan yang diberikan. 3.3. Bantuan dari rekan sejawat atau orang yang berwenang dicari segera, bilamana diperlukan. 3.4. Rincian keadaan darurat dilaporkan sesuai dengan aturan.
Dapatkah saya Menangani tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan di kantor 4.1. Tanggap serta pro-aktif terhadap keadaan darurat. 4.2. Tindakan dilakukan sesuai keterampilan dan kewenangan yang telah ditentukan dalam menghadapi keadaan darurat, sehingga dapat menentukan langkah langkah selanjutnya. 4.3. Fisik korban dan tanda-tanda kehidupan diidentifikasi. 4.4. Informasi dan sarana serta prasana layanan pendukung terkinitersedia. 4.5. Informasi mengenai kondisi korban disampaikan kepada petugas unit gawat darurat (UGD). 4.6. Situasi darurat yang dialami dibakukan dalam bentuk laporan sesuai dengan peraturan. 4.7. Laporan dibuat dengan jelas, akurat serta tepat waktu.

N.821100.001.02

Meminimalisir Pencurian


Dapatkah saya Menggunakan sistem keamanan penyimpanan secara rutin • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Sistem dan prosedur keamanan perusahaan digunakan sesuai dengan SOP Organisasi 1.2 Uang kas/tunai disimpan sesuai dengan SOP Organisasi 1.3 Perilaku pelanggan yang mencurigakan ditangani sesuai dengan SOP Organisasi 1.4 Tindakan pencurian ditangani sesuai dengan SOP Organisasi. 1.5 Aset fisik disimpan sesuai SOP Organisasi
Dapatkah saya Meminimalisir pencurian • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Tindakan tepat yang sesuai peraturan dilakukan untuk mengurangi pencurian. 2.2. Kode inventaris dicocokkan dengan ketersediaan inventaris secara berkala sesuai peraturan. 2.3. Barang yang mudah dicuri diberi pengamanan tambahan sesuai peraturan. 2.4. Keamanan staf dan pihak luar dijaga sesuai SOP Organisasi

Unit Kompetensi N.821100.002.02

Mengatur Penggandaan/Pengumpulan Surat/Dokumen


Dapatkah saya Mengidentifikasikan peralatan yang sesuai • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Peralatan dan dokumen diidentifikasi sesuai kebutuhan. 1.2 Jumlah diperhitungkan sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Menggandakan dokumen • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Pengoperasian peralatan dilakukan sesuai SOP. 2.2. Dokumen digandakan sesuai kebutuhan. 2.3. Hasil penggandaan dokumen disusun sesuai kebutuhan. 2.4. Penggandaan dokumen diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.
Dapatkah saya Mengumpulkan dokumen • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Dokumen diperiksa kelengkapannya. 3.2. Dokumen dikumpulkan sesuai dengan klasifikasi. 3.3. Dokumen asli didokumentasikan sesuai dengan prosedur organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.003.02

Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana


Dapatkah saya Mempersiapkan lembar kerja 1.1. Sederhana Perangkat lunak yang akan dipakai ditentukan sesuai kebutuhan. 1.2. Lembar kerja dibuat dengan menggunakan format sesuai yang berlaku di organisasi.
Dapatkah saya Menghasilkan lembar kerja sederhana 2.1. Data yang digunakan, diperiksa ulang kesesuaiannya. 2.2. Input data dilakukan secara teliti, cepat dan tepat waktu. 2.3. Pedoman digunakan untuk mengatasi masalah dengan desain lembar kerja dan hasilnya. 2.4. Lembar kerja diperiksa ulang ketepatannya sesuai permintaan sebelum dicetak. 2.5. Lembar kerja disimpan sesuai sistem penyimpanan organisasi

Unit Kompetensi N.821100.007.02

Mencatat Dikte


Dapatkah saya Menerima dikte • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Persyaratan organisasi diidentifikasi terkait dengan format, bentuk dan penyimpanan dokumen. 1.2 Tujuan dan persyaratan teks diklarifikasi kepada pemberi tugas sesuai SOP organisasi. 1.3 Dikte diambil sesuai dengan akurasi dan sumber yang tepat. 1.4 Pengertian dan ejaan nama yang tidak biasa diklarifikasi untuk memastikan keakuratan catatan. 1.5 Keakuratan catatan dikte diperiksa ulang.
Dapatkah saya Menguraikan catatan dikte • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Hasil dikte diuraikan kedalam dokumen sesuai tujuan. 2.2. Teks dihasilkan dalam waktu yang ditentukan sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Mengedit dan merevisi teks • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Keakuratan kalimat, tata bahasa, format dan tanda baca diperiksa ulang. 3.2. Revisi, format, pencetakan, nama dan teks yang terkait dengan organisasi diperiksa sesuai persyaratan organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.012.02

Mengelola Jadwal Kegiatan Pimpinan


Dapatkah saya Mengidentifikasi kegiatan pimpinan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Informasi jadwal kegiatan pimpinan diperoleh melalui departemen internal atau pihak luar yang terkait. 1.2 Informasi pada dokumen pendukung diidentifikasi sesuai dengan kegiatan. 1.3 Jadwal hari libur nasional dan hari cuti pimpinan di identifikasi.
Dapatkah Saya Mengatur jadwal kegiatan pimpinan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Kegiatan diseleksi sesuai kebutuhan organisasi dan arahan pimpinan. 2.2. Kehadiran pimpinan pada kegiatan dikonfirmasikan. 2.3. Jadwal kegiatan/perjalanan pimpinan disusun.
Dapatkah Saya Mencatat jadwal kegiatan pimpinan • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Metode pencatatan kegiatan yang digunakan diidentifikasi. 3.2. Jadwal kegiatan dibuat sesuai format pada organisasi. 3.3. Jadwal kegiatan pimpinan diperbaharui secara berkala.

Unit Kompetensi N.821100.013.02

Mengatur Rapat/Pertemuan


Dapatkah Saya Memproses undangan rapat/pertemuan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Daftar nama peserta rapat dipastikan sesuai tujuan rapat/pertemuan. 1.2 Tujuan dan rangkaian acara pertemuan di susun sesuai arahan pimpinan dan protokoler yang berlaku di organisasi. 1.3 Waktu, tempat dan ketentuan pertemuan ditetapkan. 1.4 Undangan rapat dibuat sesuai kegiatan. 1.5 Undangan dikirim melalui media yang dipilih.
Dapatkah saya Mempersiapkan peralatan, perlengkapan dan tenaga ahli • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Ruangan pertemuan dan konsumsi dipesan sesuai kebutuhan. 2.2. Layout ruangan ditentukan sesuai kebutuhan. 2.3. Peralatan dan perlengkapan pendukung diidentifikasi sesuai kebutuhan. 2.4. Tenaga profesional disiapkan sesuai kebutuhan.
Dapatkah Saya Mengatur biaya pertemuan • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Rincian anggaran dibuat untuk mendapatkan persetujuan pimpinan. 3.2. Rincian anggaran ditindaklanjuti kepada bagian terkait. 3.3. Anggaran dikelola sesuai rincian yang telah ditetapkan. 3.4. Bukti kuitansi/tanda terima dicatat sebagai lampiran laporan penggunaan biaya.
Dapatkah saya Menyelenggarakan pertemuan • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1. Kehadiran peserta dikonfirmasi. 4.2. Pengaturan ruangan, konsumsi, diperiksa sesuai dengan pesanan. 4.3. Peralatan dan perlengkapan disiapkan sesuai kebutuhan. 4.4. Pertemuan dilaksanakan sesuai rangkaian agenda yang telah ditetapkan.
Dapatkah saya Membuat laporan pertemuan • Kriteria Unjuk Kerja: 5.1. Jumlah peserta yang hadir dilaporkan. 5.2. Laporan penggunaan biaya dibuat sesuai dengan aturan organisasi.

Unit Kompetensi N.821100.034.02

Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar


Dapatkah saya Mengidentifikasi tujuan penulisan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Tujuan penulisan diidentifikasi. 1.2. Jenis dokumen yang tepat sebagai pendukung dipilih untuk dipersiapkan. 1.3. Bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah tata bahasa untuk memenuhi kebutuhan konteks. 1.4. Kaidah tata bahasa yang umum dalam bisnis diperhatikan dan diikuti. 1.5. Informasi disampaikan secara objektif
Dapatkah saya Memperhatikan kalimat pada penulisan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Kalimat sederhana digunakan dalam menyampaikan suatu pengertian. 2.2. Instruksi dan/atau petunjuk dijabarkan dengan benar. 2.3. Kaidah tata bahasa yang umum dalam bisnis diikuti. 2.4. Bahasa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konteks digunakan sesuai kebutuhan. 2.5. Kalimat diruntut sesuai dengan SOP. 2.6. Bahasa resmi dan tidak resmi digunakan dengan tepat.

Unit Kompetensi N.821100.041.02

Menulis Pesan Singkat dalam Bahasa Inggris


Dapatkah saya Mengidentifikasi tujuan pesan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Maksud dari percakapan dikutip secara akurat. 1.2. Kalimat utama yang menentukan isi pesan diinterpretasi.
Dapatkah saya Menulis pesan percakapan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Struktur penulisan digunakan sesuai prosedur. 2.2. Kosakata utama digunakan yang berkaitan dengan subyek. 2.3. Gramatika digunakan secara memadai agar makna menjadi jelas. 2.4. Ide-ide dituangkan secara terpadu. 2.5. Pesan ditulis dengan ringkas sesuai SOP.

Unit Kompetensi N.821100.045.02

Memberikan Layanan kepada Pelanggan


Dapatkah saya Menerapkan konsep pelayanan prima dan prinsip-prinsip pelayanan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Konsep pelayanan diidentifikasi sesuai kebutuhan. 1.2 Prinsip-prinsip pelayanan prima diterapkan sesuai dengan SOP organisasi.
Dapatkah saya Menerapkan unsurunsur kualitas pelayanan prima • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Unsur-unsur kualitas pelayanan prima diterapkan. 2.2. Kualitas pelayanan ditingkatkan secara efektif dan efisien.
Dapatkah saya Memberikan pelayanan kepada pelanggan • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Kebutuhan Pelayanan diidentifikasi sesuai SOP. 3.2. Keluhan pelanggan ditangani sesuai dengan prosedur organisasi. 3.3. Hubungan dengan pelanggan dibangun untuk memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 3.4. Bahasa dan sikap yang baik digunakan sesuai SOP.

Unit Kompetensi N.821100.049.02

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan


Dapatkah saya Memberikan pelayanan kebutuhan pelanggan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Pelayanan kebutuhan pelanggan diidentifikasi dengan menggunakan teknik-teknik berkomunikasi. 1.2 Permasalahan dalam pemberian pelayanan ke pelanggan diidentifikasi untuk meningkatkan pelayanan sesuai kebutuhan organisasi. 1.3 Saran yang membangun dan promosi diberikan untuk peningkatan pelayanan pelanggan. 1.4 Teknologi bisnis digunakan untuk membangun informasi terkini pada kebutuhan pelayanan.
Dapatkah saya Memberikan dukungan penerapan strategi pelayanan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Strategi pelayanan dirancang untuk kesempatan mempromosikan baik perseorangan ataupun tim. 2.2. Sumber daya yang tersedia diidentifikasi untuk alokasi. 2.3. Prosedur mengatasi pelanggan yang sulit dan keluhan dari pelanggan dilakukan sesuai SOP. 2.4. Bantuan diberikan untuk mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan standar pelayanan. 2.5. Keputusan mengenai penerapan strategi, rancangan-rancangan individu atau group dikonsultasikan.
Dapatkah saya Evaluasi dan laporan pelayanan • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Evaluasi pelayanan yang berulang digunakan untuk kepuasan pelanggan. 3.2. Standar pelayanan diperbaiki bila diperlukan. 3.3. Pelayanan dilaporkan baik secara individu maupun kelompok. 3.4. Kesimpulan dan rekomendasi mulai dari fakta dan saran yang membangun untuk strategi kedepan disiapkan. 3.5. Prosedur sistem pelaporan dan pendataan disimpan untuk perbandingan dalam perubahan strategi kepuasan pelayanan pelanggan.
Dapatkah Saya Orientasi pada kebutuhan Pelanggan • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1. Masalah atau kebutuhan pelanggan segera direspon. 4.2. Permintaan, pelayanan dan keluhan pelanggan ditindaklanjuti dengan ramah dan menyenangkan. 4.3. Komunikasi yang baik dengan pelanggan dipelihara untuk tujuan bersama. 4.4. Kepuasan pelanggan dimonitor. 4.5. Informasi yang berguna disampaikan kepada pelanggan. 4.6. Tanggung jawab diambil untuk menyelesaikan masalah pelayanan secara cepat dan tidak depensif. 4.7. Bekerja dengan menggunakan perspektif jangka panjang dalam menjawab masalah pelanggan.

Unit Kompetensi N.821100.056.02

Memelihara Data/File di Komputer


Dapatkah saya Mengidentifikasi data/file • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Data yang akan disimpan diidentifikasi sesuai dengan klasifikasi. 1.2 Piranti lunak diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan. 1.3 Sistem penyimpanan dipilih sesuai SOP.
Dapatkah saya Memeliharadata/file • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Direktori atau folder dibuat sesuai kebutuhan. 2.2. Pemberian nama file dilakukan sesuai dengan pedoman organisasi secara tepat dan cepat. 2.3. Penyimpanan data/file dilakukan sesuai SOP Salinan pendukung dibuat bila diperlukan. 2.4. Salinan pendukung disimpan di tempat yang telah ditentukan. 2.5. Data/File salinan dipelihara sesuai standar SOP. 2.6. Perlindungan dari virus dilakukan sesuai dengan pedoman organisasi tempat kerja.

Unit Kompetensi N.821100.058.02

Mengakses Data di Komputer


Dapatkah saya Membuka File • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 File yang akan di akses diidentifikasi sesuai dengan perangkat lunak yang digunakan. 1.2 Piranti lunak yang tepat dipilih dari menu yang tersedia. 1.3 File dapat dikenali untuk dibuka.
Dapatkah saya Mengunduh Data • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Data/informasi yang di akses dipastikan ketepatannya. 2.2. Data/informasi yang di unduh disimpan ke dalam file. 2.3. Data dicopy sesuai dengan kebutuhan.

Unit Kompetensi N.821100.060.02

Membuat Surat/Dokumen Elektronik


Dapatkah saya Membuka File • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Perangkat komputer diaktifkan sesuai dengan sistem operasi dan persyaratan manual instalasi. 1.2. Piranti lunak untuk membuat surat elektronik dipastikan telah terinstalasi dan siap digunakan. 1.3. Akun surat elektronik (email) telah dimiliki.
Dapatkah saya Mengenali menu, format alamat email, dan konfigurasi sederhana • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual sesuai standar tempat kerja. 2.2. Format alamat surat elektronik dikenali dan dipahami secara tepat dan cepat. 2.3. Konfigurasi sederhana dapat dilakukan sesuai dengan manual yang tersedia.
Dapatkah saya Membuka, mengambil, membaca, membuat dan mengirim surat/dokumen elektronik • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Surat elektronik baru dapat dibuka dari server menggunakan menu/tombol yang tersedia sesuai SOP organisasi. 3.2. Surat elektronik dapat dikenali asalnya dan dapat dibaca isinya dengan baik. 3.3. Berkas lampiran (file attachment) dapat diekstrak dari email, secara benar sesuai prosedur. 3.4. Surat elektronik dapat diteruskan (forward), dibalas (reply), ke alamat tertentu. 3.5. Surat elektronik baru dibuat/ dikomposisi dan dikirim dengan menggunakan fitur yang disediakan. 3.6. Pengiriman Surat elektronik dapat dilakukan ke suatu alamat atau beberapa dan dapat disertai dengan file attachment. 3.7. Surat elektronik ditulis sesuai dengan memperhatikan netiquette.
Dapatkah saya Menyimpan surat/dokumen elektronik • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1. Surat elektronik diidentifikasi sehingga secara otomatis dapat masuk ke folder yang telah ditetapkan, secara tepat dan benar. 4.2. Folder dibuat atau dihapus sesuai kebutuhan. 4.3. Surat/dokumen elektronik dapat disimpan sesuai media yang tersedia secara tepat.

Unit Kompetensi N.821100.061.02

Mengakses Informasi melalui Homepage


Dapatkah saya Menyiapkan perangkat komputer dan informasi yang dibutuhkan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Peralatan komputer dipastikan telah terhubung dengan internet sesuai SOP organisasi. 1.2. Universal reources location (URL) dan homepage ditelusuri secara benar. 1.3. Halaman dan situs homepage diidentifikasi sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Membuka homepage • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Informasi terkini diakses sesuai dengan kebutuhan. 2.2. Informasi diakses dari sumber yang dapat dipercaya.
Dapatkah saya Mengakses data/informasi • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Informasi yang diakses pada homepage diidentifikasi secara tepat.. 3.2. Informasi yang diakses disimpan pada media penyimpanan sesuai kebutuhan. 3.3. informasi dipastikan dapat diakses dengan benar sesuai prosedur.

Unit Kompetensi N.821100.054.02

Menggunakan Peralatan Komunikasi


Dapatkah Saya Mengidentifikasi jenis peralatan komunikasi 1.1. Jenis komunikasi yang akan dilakukan dipastikan. 1.2. Peralatan komunikasi diidentifikasi, sesuai dengan jenis komunikasi yang akan dilakukan. 1.3. Peralatan komunikasi yang tepat dipilih sesuai kebutuhan.
Dapatkah saya Menggunakan peralatan komunikasi 2.1. Peralatan komunikasi digunakan sesuai SOP. 2.2. Peralatan yang tidak berfungsi dilaporkan kepada pihak terkait. 2.3. Tindakan alternatif segera dilakukan bila alat komunikasi tidak berfungsi. 2.4. Peralatan komunikasi digunakan sesuai dengan panduan penggunaan.

Lembar Pengesahan

Some description about this section

Sign Here
Sign Here