APL 02 Skema Bisnis Daring dan Pemasaran

APL 02 Skema Bisnis Daring dan Pemasaran

APL 02 BDP 2024

Kluster 5.7.1

Kasir


Unit Kompetensi 1

Mempersiapkan diri untuk bekerja


Dapatkah saya Menampilkan Diri Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Aroma tubuh yang harum ditampilkan 1.2. Pakaian, aksesories, rias wajah, dan tata rambut digunakan sesuai aturan 1.3. Kebersihan dan kerapihan diri ditunjukkan
Dapatkah saya Melaksanakan kerapihan ruang kerja Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Sarana kerja diperiksa kebersihannya 2.2. Peralatan kerja disiapkan 2.3. Ruang kerja dirapikan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku

Unit Kompetensi 2

Berkomunikasi dengan target pelanggan


Dapatkah saya Menampilkan Diri Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Aroma tubuh yang harum ditampilkan 1.2. Pakaian, aksesories, rias wajah, dan tata rambut digunakan sesuai aturan 1.3. Kebersihan dan kerapihan diri ditunjukkan
Dapatkah saya Menampilkan Diri Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Aroma tubuh yang harum ditampilkan 1.2. Pakaian, aksesories, rias wajah, dan tata rambut digunakan sesuai aturan 1.3. Kebersihan dan kerapihan diri ditunjukkan

Unit Kompetensi 3

Berkomunikasi dengan target pelanggan


Dapatkah saya Menggunakan prinsip dan teknik komunikasi lisan yang baik Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Teknik dan tata cara komunikasi lisan ditunjukkan secara baik dan benar 1.2. Kata-kata yang terucap dipilih sesuai dengan teknik komunikasi lisan yang efektif. 1.3. Intonasi digunakan dengan tepat. 1.4. Salam, senyum, dan sapa, diperlihatkan secara tulus kepada pelanggan
Dapatkah saya Melakukan komunikasi dengan memperhatikan etiket dan etika komunikasi Kriteria unjuk kerja : 2.1. Sopan dan santun dalam berkomunikasi diungkapkan sesuai dengan standar pelayanan 2.2. Bahasa dan Etika dalam berkomunikasi ditampilkan sesuai dengan standar komunikasi yang baik 2.3. Etiket berkomunikasi ditunjukkan untuk memperlancar komunikasi
Dapatkah saya Kontak langsung dengan target pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Salam diucapkan dengan santun dan ekspresi wajah yang hangat 3.2. Kontak mata yang sopan dilakukan untuk memberikan respon yang positif kepada pelanggan 3.3. Jawaban dengan kalimat yang efektif dilakukan kepada Pelanggan 3.4. Bahasa tubuh ditampilkan untuk memahami kebutuhan dan keinginan lawan bicara
Dapatkah saya Berkomunikasi efektif di tempat kerja Kriteria unjuk kerja : 4.1 Efektifitas komunikasi ditampilkan dengan baik kepada pelanggan ataupun sesama karyawan 4.2 Kesopanan dalam komunikasi diungkapkan secara nyata 4.3 Ketulusan dan sikap saling menolong dilakukan setiap saat 4.4 Kemampuan bertanya ditunjukkan untuk meminimalkan kesalahpahaman pelanggan

Unit Kompetensi 4

Mengidentifikasi Respon Pelanggan


Dapatkah saya Mengenali situasi dan kondisi serta sikap yang ditunjukkan calon pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Setiap situasi dan reaksi yang terjadi, ditanggapi dengan cepat. 1.2. Latar belakang pelanggan ( berasal dari daerah mana, tata cara bahasa, perkiraan tingkat pendidikan/social ekonomi dan emosional pelanggan ) dikenali secara cepat.
Dapatkah saya Menunjukkan sikap positif kepada calon pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Setiap situasi dan kondisi yang terjadi ditanggapi dengan tenang 2.2. Sikap simpati selalu ditampilkan.
Dapatkah saya Mengakomodasi aspirasi atau keinginan target pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Prinsip bahwa pelanggan adalah raja diutamakan. 3.2. Argumentasi tidak dilakukan dengan pelanggan. 3.3. Respon ditanggapi dengan empati kepada calon pelanggan, dan memperhatikan norma/etika. 3.4. Aspirasi atau keinginan target pelanggan dicatat berdasarkan respon yang diberikan. 3.5. Aspirasi atau keinginan tersebut ditanggapi dalam proses negoasiasi yang saling menguntungkan.

Unit Kompetensi 5

Melaksanakan Pelayanan Pelanggan


Dapatkah saya Melayani pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Teknik dan tata cara komunikasi yang sopan, ramah dan santun dengan pelanggan ditampilkan 1.2 Pertanyaan mengenai letak posisi pemajangan suatu jenis barang dari pelanggan dijawab dengan tepat 1.3 Pelanggan yang membutuhkan info detail letak posisi pemajangan suatu jenis barang yang dibutuhkannya diantarkan 1.4 Informasi lebih lanjut yang terkait dengan harga barang dan discount yang berlaku bagi pelanggan dijelaskan secara rinci
Dapatkah saya Menggunakan peralatan dan perlengkapan untuk produk barang yang sedang dipromosikan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Banner, Point Of Purchase (POP) sebagai alat promosi ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat dengan jelas dan benar 2.2. Produk barang yang sedang promosi diperkenalkan kepada pelanggan 2.3. Sampel produk barang promosi diperagakan 2.4. Sampel produk barang promosi dibagikan kepada pelanggan
Dapatkah saya Mengevaluasi program promosi Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Pertanyaan, tanggapan, atau pendapat dari pelanggan dimintakan 3.2. Produk barang promosi ditawarkan kepada pelanggan

Unit Kompetensi 6

Melakukan Konfirmasi keputusan Pelanggan


Dapatkah saya Memberikan tanggapan terhadap kekurang jelasan dari pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Pertanyaan dijawab dengan baik dan benar 1.2 Tanggapan yang baik dan sesuai harapan pelanggan ditunjukkan. 1.3 Solusi atas pertanyaan dari pelanggan disampaikan
Dapatkah saya Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Produk yang akan dibeli pelanggan ditanyakan kembali keberminatannya 2.2 Hal terkait tentang produk yang masih meragukan pelangan dijelaskan. 2.3 Keunggulan produk diungkapkan lebih detail. 2.4 Kepastian keputusan membeli oleh pelanggan ditegaskan.

Unit Kompetensi 7

Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan


Dapatkah saya Mempersiapkan mesin cash register Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Mesin cash register diperiksa kelayakannya 1.2 Kerusakan mesin cash register dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur 1.3 Uang modal diletakkan sesuai dengan tempatnya 1.4 Jumlah kas di dalam mesin pembayaran tunai dijaga kecukupannya
Dapatkah saya Mengoperasikan peralatan mesin cash register Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Mesin pembayaran dibuka pada awal hari atau shift 2.2 Kode dan harga barang dimasukkan secara akurat 2.3 Nomor kartu dimasukkan ke dalam mesin pembayaran non tunai secara akurat 2.4 Total harga dan kembaliannya dihitung secara akurat

Unit Kompetensi 8

Melakukan Transaksi Penjualan dengan pelanggan Anggota maupun non anggota


Dapatkah saya Memulai transaksi penjualan dengan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Pelanggan dilayani dengan ramah dan senyum saat akan melakukan transaksi pembayaran 1.2 Pelanggan ditanyakan kembali kemungkinan masih adanya barang lain yang akan dibeli 1.3 Pelanggan ditawarkan barang – barang lain yang mungkin akan dibelinya.
Dapatkah saya Memeriksa kembali kebenaran harga barang sesuai dengan jenis barang yang dibeli Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Data dan informasi atas harga barang yang dibeli pelanggan disebutkan. 2.2 Adanya program diskon diberitahukan kepada pelanggan. 2.3 Promosi khusus atas suatu barang yang berkenaan dengan jumlah pembelian barang tertentu diinformasikan kepada pelanggan 2.4 Informasi atas perubahan harga yang terjadi disampaikan kepada pelanggan
Dapatkah saya Menyelesaikan transaksi penjualan Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Barang belanjaan pelanggan didihitung harganya sesuai dengan yang ada dalam mesin cash register 3.2. Total harga barang belanjaan diberitahukan kepada pelanggan. 3.3. Bentuk pembayaran ditanyakan kepada pelanggan,apakah dengan uang tunai ataukah non tunai 3.4. Barang belanjaan diserahkan dengan baik dan sopan. 3.5. Uang kembalian pembayaran tunai diberikan dengan menyebutkan jumlahnya.
Dapatkah saya Menyimpan hasil penerimaan pembayaran Kriteria Unjuk Kerja 4.1 Uang tunai hasil pembayaran disimpan pada tempat penyimpanan yang telah disediakan. 4.2 Pembayaran secara non tunai/kredit dicatat dalam buku pembelian non tunai atau buku hutang. 4.3 Catatan pembelian secara non tunai/kredit disimpan pada tempatnya. 4.4 Total uang hasil penjualan secara tunai disimpan sampai dengan proses akhir hari transaksi.

Unit Kompetensi 9

Melakukan Penyerahan Produk


Dapatkah saya Mempersiapkan barang yang akan diserahkan. Kriteria Unjuk Kerja : 1.1 Produk yang akan dibeli pelanggan dihitung harganya sesuai dengan program dalam mesin cash register. 1.2 Total Harga produk diberitahukan kepada pelanggan. 1.3 Produk yang dibeli pelanggan dikemas sesuai dengan prosedur.
Dapatkah saya Melakukan proses penyerahan produk yang dibeli pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Uang pembayaran dari pelanggan diterima. 2.2. Sisa uang pembayaran dikembalikan dalam bentuk tunai. 2.3. Struk, bon, atau kwitansi diisi sesuai jumlah harga yang dibayarkan kepada pelanggan. 2.4. Struk, bon, atau kuitansi diserahkan kepada pelanggan.
Dapatkah saya Melakukan proses pengiriman produk yang dibeli pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja : 3.1 Formulir pengiriman dipersiapkan sesuai prosedur. 3.2 Pihak lain yang ikut bertanggung jawab dalam pengiriman barang diberitahu jadwal pengiriman yang telah ditetapkan. 3.3 Formulir , faktur atau berkas pengiriman barang diserahkan kepada pelanggan/penerima. 3.4Faktur atau formulir asli diserahkan kepada pelanggan. 3.5 Copy faktur atau formulir disimpan sebagai laporan.
Dapatkah saya Melakukan konfirmasi kepada pelanggan mengenai produk yang dikirim. Kriteria Unjuk Kerja : 4.1. Pelanggan dikonfirmasi untuk memastikan apakah produk yang telah diterima sesui dengan perjanjian. 4.2. Kelengkapan formulir pengiriman produk diperiksa kembali.

Unit Kompetensi 10

Melakukan Proses Administrasi Transaksi


Dapatkah saya Menyiapkan formulir atau berkas-berkas administrasi Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Daftar formulir atau berkas-berkas administrasi dikelompokkan sesuai dengan prosedur 1.2. Formulir atau berkas-berkas administrasi diperiksa kembali kelengkapannya
Dapatkah saya Mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Berkas-berkas administrasi diisi sesuai dengan format yang berlaku 2.2. Isi dan kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi dijelaskan kepada pelanggan
Dapatkah saya Memastikan keabsahan dokumen transaksi Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Pelanggan dikonfirmasi mengenai data transaksi sesuai dengan prosedur ritel koperasi 3.2. Hasil kesepakatan dengan pelanggan dicatat pada dokumen transaksi

Unit Kompetensi 11

Melaksanakan dan Menjaga Kebersihan dan Ketertiban Lingkungan Kerja


Dapatkah saya Mempersiapkan ketertiban lingkungan kerja Kriteria Unjuk Kerja : 1.1 Meja kerja yag kotor dibersihkan 1.2 Lingkungan kerja yang kurang rapi dirapikan kembali
Dapatkah saya Menjaga ketertiban area kerja Kriteria Unjuk Kerja : 2.1. Penempatan display, barang/produk yang kurang tepat seperti produk yang batal dibeli diberitahukan kepada personal yang bertanggung jawab 2.2. Perubahan kebersihan dan kondisi lingkungan yang terjadi di ritel koperasi dikomunikasikan kepada personal yang bertanggung jawab

Kluster 2 5.7.2

Pramuniaga


Unit Kompetensi 1

Mempersiapkan diri untuk bekerja


Dapatkah saya Menampilkan Diri Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Aroma tubuh yang harum ditampilkan 1.2. Pakaian, aksesories, rias wajah, dan tata rambut digunakan sesuai aturan 1.3. Kebersihan dan kerapihan diri ditunjukkan
Dapatkah saya Melaksanakan kerapihan ruang kerja Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Sarana kerja diperiksa kebersihannya 2.2. Peralatan kerja disiapkan 2.3. Ruang kerja dirapikan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku

Unit Kompetensi 2

Berkomunikasi dengan target pelanggan


Dapatkah saya Menggunakan prinsip dan teknik komunikasi lisan yang baik Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Teknik dan tata cara komunikasi lisan ditunjukkan secara baik dan benar 1.2. Kata-kata yang terucap dipilih sesuai dengan teknik komunikasi lisan yang efektif. 1.3. Intonasi digunakan dengan tepat. 1.4. Salam, senyum, dan sapa, diperlihatkan secara tulus kepada pelanggan
Dapatkah saya Melakukan komunikasi dengan memperhatikan etiket dan etika komunikasi Kriteria unjuk kerja : 2.1. Sopan dan santun dalam berkomunikasi diungkapkan sesuai dengan standar pelayanan 2.2. Bahasa dan Etika dalam berkomunikasi ditampilkan sesuai dengan standar komunikasi yang baik 2.3. Etiket berkomunikasi ditunjukkan untuk memperlancar komunikasi
Dapatkah saya Kontak langsung dengan target pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Salam diucapkan dengan santun dan ekspresi wajah yang hangat 3.2. Kontak mata yang sopan dilakukan untuk memberikan respon yang positif kepada pelanggan 3.3. Jawaban dengan kalimat yang efektif dilakukan kepada Pelanggan 3.4. Bahasa tubuh ditampilkan untuk memahami kebutuhan dan keinginan lawan bicara
Dapatkah saya Berkomunikasi efektif di tempat kerja Kriteria unjuk kerja : 4.1 Efektifitas komunikasi ditampilkan dengan baik kepada pelanggan ataupun sesama karyawan 4.2 Kesopanan dalam komunikasi diungkapkan secara nyata 4.3 Ketulusan dan sikap saling menolong dilakukan setiap saat 4.4 Kemampuan bertanya ditunjukkan untuk meminimalkan kesalahpahaman pelanggan

Unit Kompetensi 3

Mengidentifikasi Respon Pelanggan


Dapatkah saya Mengenali situasi dan kondisi serta sikap yang ditunjukkan calon pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Setiap situasi dan reaksi yang terjadi, ditanggapi dengan cepat. 1.2. Latar belakang pelanggan ( berasal dari daerah mana, tata cara bahasa, perkiraan tingkat pendidikan/social ekonomi dan emosional pelanggan ) dikenali secara cepat.
Dapatkah saya Menunjukkan sikap positif kepada calon pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Setiap situasi dan kondisi yang terjadi ditanggapi dengan tenang 2.2. Sikap simpati selalu ditampilkan.
Dapatkah saya Mengakomodasi aspirasi atau keinginan target pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Prinsip bahwa pelanggan adalah raja diutamakan. 3.2. Argumentasi tidak dilakukan dengan pelanggan. 3.3. Respon ditanggapi dengan empati kepada calon pelanggan, dan memperhatikan norma/etika. 3.4. Aspirasi atau keinginan target pelanggan dicatat berdasarkan respon yang diberikan. 3.5. Aspirasi atau keinginan tersebut ditanggapi dalam proses negoasiasi yang saling menguntungkan.

Unit Kompetensi 4

Melaksanakan Pelayanan Pelanggan


Dapatkah saya Melayani pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Teknik dan tata cara komunikasi yang sopan, ramah dan santun dengan pelanggan ditampilkan 1.2 Pertanyaan mengenai letak posisi pemajangan suatu jenis barang dari pelanggan dijawab dengan tepat 1.3 Pelanggan yang membutuhkan info detail letak posisi pemajangan suatu jenis barang yang dibutuhkannya diantarkan 1.4 Informasi lebih lanjut yang terkait dengan harga barang dan discount yang berlaku bagi pelanggan dijelaskan secara rinci
Dapatkah saya Menggunakan peralatan dan perlengkapan untuk produk barang yang sedang dipromosikan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Banner, Point Of Purchase (POP) sebagai alat promosi ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat dengan jelas dan benar 2.2. Produk barang yang sedang promosi diperkenalkan kepada pelanggan 2.3. Sampel produk barang promosi diperagakan 2.4. Sampel produk barang promosi dibagikan kepada pelanggan
Dapatkah saya Mengevaluasi program promosi Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Pertanyaan, tanggapan, atau pendapat dari pelanggan dimintakan 3.2. Produk barang promosi ditawarkan kepada pelanggan

Unit Kompetensi 5

Melakukan Konfirmasi keputusan Pelanggan


Dapatkah saya Memberikan tanggapan terhadap kekurang jelasan dari pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Pertanyaan dijawab dengan baik dan benar 1.2 Tanggapan yang baik dan sesuai harapan pelanggan ditunjukkan. 1.3 Solusi atas pertanyaan dari pelanggan disampaikan
Dapatkah saya Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Produk yang akan dibeli pelanggan ditanyakan kembali keberminatannya 2.2 Hal terkait tentang produk yang masih meragukan pelangan dijelaskan. 2.3 Keunggulan produk diungkapkan lebih detail. 2.4 Kepastian keputusan membeli oleh pelanggan ditegaskan.

Unit Kompetensi 6

Melakukan Proses Administrasi Pengelolaan Produk


Dapatkah saya Memutakhirkan data persediaan barang Kriteria Unjuk Kerja : 1.1 Prosedur proses pencatatan data persediaan barang ditampilkan. 1.2 Sinkronisasi data tentang jumlah serta jenis pembelian dan penjualan barang dilakukan dengan benar sesuai dengan prosedur ritel koperasi 1.3 Menyediakan buku penjualan tunai dan kredit
Dapatkah saya Membuat laporan mengenai ketersediaan barang Kriteria Unjuk Kerja : 1.1 Catatan jumlah dan jenis produk yang terjual dan/ atau pembelian,direkapitulasi sebagai data laporan 1.2 Laporan jumlah dan jenis produk yang terjual dan/atau pembelian dibuat sesuai prosedur koperasi 1.3 Laporan jumlah dan jenis produk tersebut dilaporkan kepada asisten manajer.

Unit Kompetensi 7

 Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan


Dapatkah saya Mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Hasil umpan balik dari hubungan dengan pelanggan disiapkan. 1.2 Daftar umpan balik tentang permintaan baru pelanggan dikumpulkan.
Dapatkah saya Mendorong pelanggan meningkatkan volume pembelian atau frekuensi pembelian. Kriteria Unjuk Kerja : 2.1. Pola penggunaan produk oleh pelanggan dipelajari. 2.2. Pelanggan yang volume dan atau frekuensi penggunaannya masih rendah disarankan menambah atau meningkatkan frekuensi penggunaan
Dapatkah saya Menawarkan produk lain (penjualan silang) yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Daftar kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait dengan produk yang relevan disiapkan 3.2 Penawaran produk lain didaftar kelebihannya sehingga dapat memenuhi keutuhan dan keinginan baru pelanggan
Dapatkah saya Menindaklanjuti permintaan lain dari Pelanggan. Kriteria Unjuk Kerja: 4.1. Permintaan baru dari pelanggan dicatat dalam formulir pemesanan. 4.2. Pesanan/permintaan baru pelanggan dikonfirmasi ulang. 4.3. Penandatangan formulir pemesanan oleh pelanggan ditampilkan.

Unit Kompetensi 8

Melakukan Stock Opname


Dapatkah saya Memahami prosedur dan mekanisme stock opname Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Prosedur umum stock opname dapat dijelaskan. 1.2 Mekanisme stock opname dapat diterangkan
Dapatkah saya Menyiapkan segala kelengkapan administrasi stock opname yang dibutuhkan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Sistem administrasi, kebutuhan kelengkapan administrasi dan mekanisme pengadministrasian stock opname dapat disiapkan dengan baik dan benar 2.2 Pemusnahan produk serta barang yang rusak pada program computer diadministrasikan secara lengkap dan benar 2.3 Kelengkapan dan keterkumpulan semua faktur yang ada di gudang diperiksa
Dapatkah saya Menjalankan prosedur stock opname sesuai dengan standar pelaksanaan yang berlaku Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Kriteria Unjuk Kerja:Seluruh barang yang ada di toko dan Gudang dapat diorganisasikan secara teratur sesuai dengan standar yang ada 3.2. Penghitungan dan pelaporan dilakukan dengan menggunakan kalkulator, komputer atau alat kelengkapan pelaksanaan lainnya 3.3. Hasil keseluruhan stock opname dilaporkan kepada asisiten manajer secara benar dan tepat waktu

Unit Kompetensi 9

Menata Produk


Dapatkah saya Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Persyaratan desain penataan produk diidentifikasi 1.2 Sumber daya yang berkaitan dengan pengimplementasian perencanaan dikerahkan 1.3 Faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan diidentifikasi 1.4 Standar penataan produk koperasi yang sesuai perencanaan diaplikasikan
Dapatkah saya Memonitor penataan atau display produk Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Display produk yang sesuai dengan perencanaan penataannya secara teratur dimonitor 2.2 Kerusakan atau perubahan pada display produk dicatat 2.3 Tindakan untuk mengatasi setiap perubahan pada display dilakukan
Dapatkah saya Menjaga display produk agar tetap sesuai dengan standar perencanaan. Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Display produk yang bersih dan rapi dijaga 3.2 Penambahan atau perubahan pada display agar konsisten terhadap perencanaan dilakukan.

Unit Kompetensi 10

Melakukan Rencana Pembelian Produk


Dapatkah saya Menyiapkan semua dokumen sesuai prosedur pembelian barang Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Daftar pemesanan jumlah dan jenis barang diinventarisir 1.2. Formulir pemesanan dan/atau berkas-berkas administrasi barang pesanan dilengkapi 1.3. Formulir pemesanan barang kepada Asisten Manajer ritel koperasi diserahkan untuk mendapatkan persetujuan
Dapatkah saya Melaksanakan pembelian barang Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Rincian atas semua persyaratan dalam formulir pemesanan barang kepada pemasok dijelaskan 2.2. Formulir pesanan barang untuk pemasok diserahkan 2.3. Ketepatan waktu pengiriman barang dari pemasok dikonfirmasikan

Kluster 3 5.7.3

Operasional Pemasaran Produk dan Jasa


Unit 1

Mengidentifikasi  Elemen  Pemasaran Perusahaan


Dapatkah saya Mengidentifikasi elemen strategi pemasaran perusahaan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Definisi segmentasi, targeting, positioning dijelaskan 1.2 Segmentasi perusahaan diuraikan 1.3 Target segmen diidentifikasi 1.4 Positioning yang ditetapkan dijabarkan
Dapatkah saya Mengidentifikasi elemen taktik pemasaran perusahaan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Definisi diferensiasi, bauran pemasaran dan penjualan (selling) dijelaskan 2.2 Kerangka diferensiasi secara infrastructure, content, context, dan content diidentifikasi 2.3 Elemen-elemen dalam bauran pemasaran dijabarkan 2.4 Tipe-tipe pendekatan penjualan (selling) diidentifikasi
Dapatkah saya Mengidentifikasi elemen value pemasaran perusahaan Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Definisi merek (brand), layanan (service), proses (process) dijelaskan 3.2. Ekuitas merek (Brand equity) dan elemen pembentuknya dijelaskan 3.3. Dimensi kualitas pelayanan (service quality) dijabarkan 3.4. Konsep quality, cost, delivery dan kaitannya dengan proses diuraikan

Unit Kompetensi 2

Melaksanakan penulisan bisnis ( business writing )


Dapatkah saya Mempersiapkan topic pesan yang akan disampaikan. Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Tujuan penulisan ditentukan 1.2. Kerangka pesan yang dapat menggambarkan kalimat pembuka, pesan inti, serta kalimat penutup disiapkan
Dapatkah saya Menuliskan pesan sesuai topik Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Nama , jabatan , serta nama perusahaan dituliskan. 2.2. Kerangka pesan yang ada dituliskan.

Unit Kompetensi 3

Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial


Dapatkah saya Mendapatkan data calon pelanggan potensial (prospecting) Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Teknik mencari pelanggan potensial , referral atau non-refferal dilakukan 1.2 Data pelanggan yang lengkap, akurat dan relevan didapat
Dapatkah saya Menghubungi calon pelanggan potensial Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Kontak melalui beragam media komunikasi (telepon, e-mail, short message service, dll) dilakukan. 2.2 Jadwal pertemuan (meeting) dengan calon pelanggan potensial didapat.

Unit Kompetensi 4

Melaksanakan keterampilan penjualan


Dapatkah saya Membuka percakapan dengan calon pelanggan potensial Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Nama, jabatan, serta perusahaan tempat bekerja diperkenalkan 1.2. Tujuan pertemuan disebutkan 1.3. Percakapan untuk mencairkan suasana (icebreaking) dilakukan
Dapatkah saya Melaksanakan penggalian kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Teknik penggalian kebutuhan pelanggan berupa pertanyaan situasi (situation), masalah (problem), dampak dari masalah (implication) dilaksanakan 2.2 Solusi pemenuhan kebutuhan (need pay- off) pelanggan ditawarkan
Dapatkah saya Melaksanakan presentasi penjualan Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Tipe presentasi yang akan disampaikan apakah bertujuan untuk menyampaikan informasi, berusaha melakukan persuasi, atau sekedar memberikan hiburan, ditentukan 3.2 Berbagai perlengkapan yang dibutuhkan seperti alat penampil presentasi, penunjuk laser (laser pointer), layar putih, dan berbagai perlengkapan lainnya disiapkan 3.3 Pesan utama dalam presentasi disampaikan
Dapatkah saya Melaksanakan penanganan terhadap keberatan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Feature, Advantage, Benefit (FAB) dari produk/jasa yang disebutkan 4.2 Hal yang menjadi keberatan pelanggan dijawab dengan menyebutkan nilai (value) yang terdapat pada produk/jasa yang ditawarkan
Dapatkah saya Melaksanakan Negosiasi Kriteria Unjuk Kerja: 5.1 Skenario negosiasi (shopping list) disiapkan 5.2 Taktik negosiasi pelanggan diidentifikasi 5.3 Hal yang menjadi concern pelanggan diakomodir (win-win solution)
Dapatkah saya Memfasilitasi komitmen pembelian (closing) Kriteria Unjuk Kerja: 6.1 Waktu dan tanda-tanda (verbal dan non- verbal) yang tepat untuk penutupan penjualan diidentifikasi 6.2 Teknik untuk penutupan penjualan dilakukan

Unit Kompetensi 5

Menyusun rencana aktifitas penjualan


Dapatkah saya Melaksanakan pengelolaan waktu Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Daftar dan target pekerjaan harian dibuat 1.2. Prioritas pekerjaan dalam sehari ditentukan
Dapatkah saya Melaksanakan pengelolaan teritori Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Teritori yang menjadi tanggungjawab pekerjaannya dipetakan 2.2. Prioritas pelanggan ditentukan 2.3. Rencana kunjungan berdasarkan teritori ditentukan

Unit Kompetensi 6

Mewujudkan kepuasan pelanggan


Dapatkah saya Menggali kebutuhan layanan pelanggan Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Kebutuhan dasar pelanggan diidentifikasi 1.2. Permintaan pelanggan dikonfirmasikan ulang 1.3. Layanan yang sesuai ditawarkan 1.4. Ekspektasi kinerja layanan diciptakan
Dapatkah saya Menyiapkan Pelaksanaan Layanan Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Seluruh sarana penunjang pelaksanaan layanan dipersiapkan 2.2. Kebutuhan layanan pelanggan dikomunikasikan kepada seluruh personil yang terlibat
Dapatkah saya Melaksanakan layanan Prima Kriteria Unjuk Kerja: 3.1. Layanan yang tepat sesuai permintaan pelanggan diberikan 3.2. Elemen fisik dan/atau penampilan dijaga sesuai kebutuhan pelanggan 3.3. Ketanggapan terhadap permintaan tambahan dari pelanggan dilaksanakan 3.4. Empati terhadap pelanggan ditunjukkan

Unit Kompetensi 7

Memberdayakan Media Sosial untuk Menarik Pelanggan Ritel


Dapatkah saya Menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk menggunakan media sosial. Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Persayaratan , kebijakan serta prosedur media social organisasi ditinjau. 1.2. Penelitian atas berbagai platform media social serta analisis perbandingan jumlah akun , fungsi dan jangkauan pengunjung dilakukan. 1.3. Penelitian terhadap tren baru penggunaan platform media social dilakukan. 1.4. Platform media social yang sesuai dengan kebutuhan merek dagang dan target pelanggan tertentu dipilih. 1.5. Informasi dan konten dari sumber internal ataupun eksternal mengenai platform media social didapatkan. 1.6. Konten media social dibuat sesuai dengan target pengunjung , nilai-nilai budaya merek , dan persyaratan media social. 1.7. Kalender media social dibuat
Dapatkah saya Menggunakan media social untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan ritel. Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Peluang – peluang untuk mendapatkan konten dari pengguna media social diciptakan. 2.2. Respon diberikan kepada pelanggan pada waktu yang tepat untuk mengarahkan mereka kepada informasi yang relevan. 2.3. Potensi kehancuran merek dikenali agar dapat mengambil tindakan pencegahan secepat mungkin. 2.4. Keluhan dan masalahan pelanggan ditindak lanjuti berdasarkan kebijakan dan prosedur media social. 2.5. Hukum dan etika penggunaan media social dipatuhi
Dapatkah saya Mempromosikan produk dan pelayanan ritel di media social. Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Peluang untuk pemasaran dan menulis konten di social media dididentifikasi. 3.2. Konten untuk promosi produk dan pelayanan di media social disiapkan berdasarkan peluang yang ada. 3.3. Konten media social ditayangkan menurut kebijakan dan prosedur media social. 3.4. Media social diberdayakan untuk mempromosikan penawaran khusus dan promosi lainnya sebagaimana diperlukan.
Dapatkah saya Meninjau penggunaan media social Kriteria Unjuk Kerja : 4.1. Aktivitas media social dipantau dengan perangkat monitoring yang tepat. 4.2. Peluang dalam meningkatkan kepuasan pelanggan diidentifikasi untuk diteruskan ke pelanggan oleh personel yang relevan. 4.3. Aktivitas media social dipantau dengan perangkat monitoring yang tepat. 4.4. Peluang dalam meningkatkan kepuasan pelanggan diidentifikasi untuk diteruskan ke pelanggan oleh personel yang relevan. 4.5. Tampilan dan gaya akun media social diperbarui secara berkala untuk memaksimalkan efektifitas. 4.6. Efektivitas penggunaan media social dilaporkan kepada personel yang relevan.

Unit Kompetensi 8

Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk bisnis.


Dapatkah saya Melakukan riset pasar dan tren pemasaran digital. Kriteria Unjuk Kerja : 1.1. Riset pasar dari sumber-sumber terpercaya untuk menentukan kebutuhan pelanggan dilakukan. 1.2. Tren perkembangan pemasaran digital dan manfaat penggunaannya bagi bisnis ritel diidentifikasi. 1.3. Hasil penelitian disesuaikan dengan kebijakan dan prosedur perusahaan.
Dapatkah saya Melakukan aktivitas pemasaran digital Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Rencana pemasaran digital disesuaikan dengan prosedur yang relevan dalam perusahaan. 2.2. Rencana pemasaran digital diterapkan. 2.3. Kegiatan pemasaran digital dipastikan patuh pada prosedur, kebijakan perusahaan dan aspek hukum yang berlaku. 2.4. Perangkat daring digunakan untuk meningkatkan sasaran aktivitas pemasaran digital. 2.5. Aktivitas pemasaran digital dipantau untuk mendapatkan rekomendasi perluasan rencana pemasaran digital.
Dapatkah saya Meninjau aktivitas pemasaran digital Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Hasil dari aktivitas pemasaran digital dievaluasi. 3.2. Hasil dari aktifitas pemasaran digital ditinjau. 3.3. Laporan hasil pemasaran digital disiapkan untuk dilanjutkan kepada personel yang relevan.

Unit Kompetensi 9

Menentukan Aplikasi Perdagangan Daring ( e-Commerce ) Untuk Meningkatkan Penjualan dan pelayanan Ritel.


Dapatkah saya Mengkonfirmasi efektivitas aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) dan pendekatannya. Kriteria Unjuk Kerja: 1.1. Kapabilitas baru yang disediakan oleh teknologi dan aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) ditentukan. 1.2. Dampak aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) pada proses penjualan dan pelayanan bisnis ritel dikaji. 1.3. Dampak solusi perdagangan daring ( e-commerce ) pada penjualan dan strategi pelayanan saat ini , ditetapkan. 1.4. Penilaian atas potensi aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan saat ini , dilakukan.
Dapatkah saya Menganalisa relevansi kehadiran aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) untuk operasi ritel saat ini. Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Permodelan dari aplikasi perdagangan daring ( e- commerce ) dan proses-proses yang terkait , diselesaikan. 2.2. Dampak perdagangan daring ( e-commerce ) pada pangasa pasar dan pelanggan daring dikonfirmasi. 2.3. Fasilitas , infrastruktur dan akses pelanggan yang ada ditinjau kembali untuk mengenali potensi dampak implementasi model perdagangan daring ( e-commerce ). 2.4. Keunggulan solusi perdagangan daring ( e-commerce ) bagi pemasok dan hubungan bisnis yang ada ditentukan. 2.5. Persyaratan kinerja untuk operasi ritel saat ini dan ketika model perdagangan daring ( e-commerce ) berjalan ditetapkan.
Dapatkah saya Memantau ujicoba perfoma aplikasi dan teknologi perdagangan daring ( e-commerce ) Kriteria Unjuk Kerja : 3.1. Aplikasi perdagangan daring ( e- commerce ) dan proses-proses yang terkait dipilih. 3.2. Aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) dan proses-proses yang terkait diuji coba. 3.3. Hasil ujicoba aplikasi perdagangan daring (e-commerce ) didokumentasikan. 3.4. Evaluasi atas efektivitas aplikasi dan proses perdagangan daring (e-commerce ) terhadap tujuan kinerja dilakukan. 3.5. Hasil evaluasi digunakan untuk membuat rekomendasi tentang penerapan solusi perdagangan daring ( e-commerce ).
Dapatkah saya Menetapkan solusi aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) Kriteria Unjuk kerja : 4.1. Aplikasi perdagangan daring ( e-commerce ) diterapkan sesuai dengan kebijakan dan prosedur gerai. 4.2. Aplikasi dan proses perdagangan daring ( e-commerce ) digabungkan ke system bisnis ritel yang sudah ada.
Tanda Tangan Disini
Tanda Tangan Disini