APL 02 Skema Akutansi dan Keuangan Lembaga

APL 02 Skema Akutansi dan Keuangan Lembaga

APL 02 AKL 2024
Skema

Kluster 1 5.7.1

Penyusunan Laporan Keuangan berbasis SAK ETAP


Unit Kompetensi 1

Menerapkan  Prinsip-prinsip  Praktik  Profesional dalam Bekerja


Dapatkah saya Mengidentifikasi luas, sektor dan tanggung jawab industri • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan 1.2 Peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan
Dapatkah saya Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dikumpulkan dan dianalisa 2.1 Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja ditentukan 2.3 Ketentuan tentang praktik kerja yang relevan dipergunakan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan pengambilan keputusan secara beretika
Dapatkah saya Mengelola informasi • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Dokumen, laporan, data, dan kalkulasi dianalisis dan diorganisir sesuai kebutuhan konsumen dan/atau organisasi 3.2 Informasi disajikan dalam format yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi
Dapatkah saya Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Tugas yang harus diselesaikan dan kondisi yang relevan ditentukan 4.2 Pekerjaan direncanakan secara mandiri maupun secara tim untuk periode tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya, waktu dan skala prioritas; 4.3 Perubahan teknologi dan organisaasi kerja dapat diadaptasi
Dapatkah saya Merancang dan mengelola kompetensi personal • Kriteria Unjuk Kerja: 5.1 Kebutuhan pengembangan kompetensi dan sasaran pengembangn diidentifikasi dan dikaji ulang secara periodik 5.2 Kebutuhan kompetensi, otorisasi, dan lisensi diidentifikasi 5.3 Kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

Unit Kompetensi 2

Menerapkan Praktik Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja


Dapatkah saya Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Bahaya di tempat kerja dikenali dan dilaporkan kepada yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja 1.2 Prosedur tempat kerja dan instruksi kerja untuk mengendalikan resiko diikuti secara akurat 1.3 Prosedur tempat kerja yang berkaitan dengan kecelakaan, api, dan darurat diikuti dimana diperlukan dalam lingkup penyebab dan kompetensi karyawan 1.4 Seluruh area kerja dijaga tetap bersih dan bebas dari gangguan 1.5 Seluruh pintu darurat dikenali dan bebas setiap waktu
Dapatkah saya Berkontribusi untuk berpartisipasi dalam pengaturan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Isu-isu kesehatan dan keselamatan kerja diinformasikan kepada aparat yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja yang relevan 2.2 Kontribusi kepada manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja dibuat sesuai dengan kebijakan dan prosedur organisasi dan dalam lingkup tanggung jawab dan kompetensi karyawan 2.3 Dokumen kesehatan dan keselamatan kerja yang relevan diidentifikasi, secara periodik diperiksa, dan rekomendasinya ditindaklanjuti 2.4 Klarifikasi kewajiban, prosedur dan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan kerja ditinjau kembali bila diperlukan
Dapatkah saya Menerapkan praktik- praktik kesehatan dan keselamatan kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja diterapkan setiap waktu dalam pekerjaan sehari-hari 3.2 Peringatan bahaya dan tanda-tanda keselamatan dikenali dan diobservasi 3.3 Teknik-teknik penanganan keselamatan secara manual dan tehnik keselamatan operasi peralatan diterapkan setiap waktu 3.4 Prosedur pertolongan pertama secara darurat diikuti 3.5 Situasi yang secara potensial berbahaya diidentifikasi, meliputi kegagalan dan peralatan berbahaya, secara langsung dilaporkan

Unit Kompetensi 3

Memproses Entry Jurnal


Dapatkah saya Memeriksa dokumen sumber dan dokumen pendukung • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Dokumen sumber dan pendukung diperiksa 1.2 Otorisasi oleh pihak yang berwenang dalam dokumen sumber diperiksa
Dapatkah saya Mencatat dokumen sumber ke dalam jurnal • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Jurnal diotorisasi sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan 2.2. Dokumen sumber dicatat ke dalam jurnal secara akurat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan 2.3. Transaksi secara tepat dialokasikan ke dalam sistem dan akun
Dapatkah saya Mengarsipkan dokumen Sumber dan Pendukung • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Dokumen Sumber dan pendukung disimpan secara tepat waktu dan sesuai dengan prosedur dan kebijakan perusahaan 3.2 Arsip dokumen diakses dan ditelusuri sesuai kebijakan perusahaan

Unit Kompetensi 4

Memproses Buku Besar


Dapatkah saya Mempersiapkan pengelolaan buku besar • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar disediakan 1.2 Buku besar yang diperlukan disediakan 1.3 Rekapitulasi Jurnal disajikan
Dapatkah saya Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Akun-akun dalam buku besar yang diperlukan diidentifikasi 2.2 Jumlah yang ada dalam rekapitulasi jurnal dibukukan
Dapatkah saya Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Daftar saldo akun dalam buku besar disajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan 3.2 Saldo akun dalam buku besar dipastikan kebenarannya

Unit Kompetensi 5

Some description about this section

Dapatkah saya Mencatat jurnal penyesuaian • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Dokumen sumber penyesuaian disediakan 1.2 Akun-akun yang memerlukan penyesuaian diidentifikasi 1.3 Jurnal penyesuaian yang diperlukan dicatat
Dapatkah saya Menyajikan laporan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1. Neraca lajur disiapkankan sesuai ketentuan SOP 2.2. Laporan laba rugi disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP 2.3. Laporan neraca/laporan posisi keuangan disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK./SAK ETAP 2.4. Laporan Perubahan ekuitas disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP 2.5. Laporan arus kas disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP
Dapatkah saya Mencatat jurnal penutup • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Akun yang didebit dan dikredit diidentifikasi 3.2 Jurnal penutup dicatat
Dapatkah saya 4. Memposting jurnal penyesuaian dan jurnal penutup ke buku besar • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diposting 4.2 Saldo dalam buku besar setelah tutup buku disajikan sesuai ketentuan SOP

Kluster 2 5.7.2

Pengoperasian Aplikasi Komputer Akuntansi


Unit Kompetensi 1

Menerapkan  Prinsip-prinsip  Praktik  Profesional dalam Bekerja


Dapatkah saya Mengidentifikasi luas, sektor dan tanggung jawab industri • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan 1.2 Peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan
Dapatkah saya Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dikumpulkan dan dianalisa 2.1 Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja ditentukan 2.3 Ketentuan tentang praktik kerja yang relevan dipergunakan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan pengambilan keputusan secara beretika
Dapatkah saya Mengelola informasi • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Dokumen, laporan, data, dan kalkulasi dianalisis dan diorganisir sesuai kebutuhan konsumen dan/atau organisasi 3.2 Informasi disajikan dalam format yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi
Dapatkah saya Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Tugas yang harus diselesaikan dan kondisi yang relevan ditentukan 4.2 Pekerjaan direncanakan secara mandiri maupun secara tim untuk periode tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya, waktu dan skala prioritas; 4.3 Perubahan teknologi dan organisaasi kerja dapat diadaptasi
Dapatkah saya Merancang dan mengelola kompetensi personal • Kriteria Unjuk Kerja: 5.1 Kebutuhan pengembangan kompetensi dan sasaran pengembangn diidentifikasi dan dikaji ulang secara periodik 5.2 Kebutuhan kompetensi, otorisasi, dan lisensi diidentifikasi 5.3 Kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

Unit Kompetensi 2

Menerapkan Praktik Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja


Dapatkah saya Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Bahaya di tempat kerja dikenali dan dilaporkan kepada yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja 1.2 Prosedur tempat kerja dan instruksi kerja untuk mengendalikan resiko diikuti secara akurat 1.3 Prosedur tempat kerja yang berkaitan dengan kecelakaan, api, dan darurat diikuti dimana diperlukan dalam lingkup penyebab dan kompetensi karyawan 1.4 Seluruh area kerja dijaga tetap bersih dan bebas dari gangguan 1.5 Seluruh pintu darurat dikenali dan bebas setiap waktu
Dapatkah saya Berkontribusi untuk berpartisipasi dalam pengaturan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Isu-isu kesehatan dan keselamatan kerja diinformasikan kepada aparat yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja yang relevan 2.2 Kontribusi kepada manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja dibuat sesuai dengan kebijakan dan prosedur organisasi dan dalam lingkup tanggung jawab dan kompetensi karyawan 2.3 Dokumen kesehatan dan keselamatan kerja yang relevan diidentifikasi, secara periodik diperiksa, dan rekomendasinya ditindaklanjuti 2.4 Klarifikasi kewajiban, prosedur dan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan kerja ditinjau kembali bila diperlukan
Dapatkah saya Menerapkan praktik- praktik kesehatan dan keselamatan kerja • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja diterapkan setiap waktu dalam pekerjaan sehari-hari 3.2 Peringatan bahaya dan tanda-tanda keselamatan dikenali dan diobservasi 3.3 Teknik-teknik penanganan keselamatan secara manual dan tehnik keselamatan operasi peralatan diterapkan setiap waktu 3.4 Prosedur pertolongan pertama secara darurat diikuti 3.5 Situasi yang secara potensial berbahaya diidentifikasi, meliputi kegagalan dan peralatan berbahaya, secara langsung dilaporkan

Unit Kompetensi 3

Mengoperasikan Paket Program Pengolah Data/Spreadsheet


Dapatkah saya Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah angka • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan paket program pengolah angka disediakan 1.2 Paket program pengolah angka siap dioperasikan 1.3 Sumber data yang akan diolah dengan program pengolah angka disiapkan
Dapatkah saya Mengentry data • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Karakter sel diidentifikasi 2.2 Karakter data diidentifikasi 2.3 Data dientry sesuai dengan karakter sel 2.4 Hasil entry disesuaikan dengan sumber data
Dapatkah saya Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Data diolah dengan rumus matematika 3.2 Data diolah dengan rumus statistik 3.3 Data diolah dengan menggunakan rumus semi absolut, absolut dan fungsi logika 3.4 Data diolah dengan menggunakan fungsi finansial 3.5 Data diolah dengan menggunakan fungsi date-time 3.6 Data diolah dengan menggunakan fungsi grafik
Dapatkah saya Membuat laporan • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Laporan dibuat dalam bentuk table 4.2 Laporan dibuat dalam bentuk grafik

Unit Kompetensi 4

Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi


Dapatkah saya Menyiapkan data awal perusahaan • Kriteria Unjuk Kerja: 1.1 Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan disiapkan 1.2 Data perusahaan dibuat
Dapatkah saya Menyusun Data Setup Awal dan Saldo Awal • Kriteria Unjuk Kerja: 2.1 Daftar Akun disusun dan saldo awal akun dientry 2.2 Kode Pajak disiapkan 2.3 Kartu Piutang dan pelanggan dibuat dan saldo awal piutang dientry 2.4 Kartu utang dan pemasok dibuat dan saldo awal utang dientry 2.5 Kartu Persediaan dibuat dan saldo awal persediaan dientry
Dapatkah saya Melakukan entry transaksi • Kriteria Unjuk Kerja: 3.1 Transaksi yang akan dientry dianalisis 3.2 Transaksi dientry dengan menggunakan menu yang tepat 3.3 Penyesuaian dientry dengan tepat 3.4 Proses tutup buku dilakukan secara tepat Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan disiapkan
Dapatkah saya Mencetak laporan keuangan dan laporan lainnya • Kriteria Unjuk Kerja: 4.1 Laporan laba rugi dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.2 Laporan neraca dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.3 Laporan ekuitas dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.4 Laporan arus kas dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.5 Laporan piutang dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.6 Laporan Utang dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.7 Laporan persediaan dibuat sesuai dengan ketentuan SOP
Dapatkah saya Membuat backup file • Kriteria Unjuk Kerja: 5.1 Backup file data ketentuan SOP 5.2 Backup file data penyimpanan data
Sign Here
Sign Here